Wisata Danau Koalin Bangka Selatan - Danau Koalin merupakan danau yang mirip danau di tengah salju, alasannya ialah danau ini memiliki daratan yang keseluruhannya berwarna putih bersih, namun yang membuat danau ini spesial yaitu warna air danaunya yang tidak berwarna biasa, danau ini memiliki warna biru menyala mirip yang ada di kawah putih ciwidey bandung, namun air danau ini bukan berasa; dari kawah gunung mirip yang lainnya, akan tetapi air di danau koalin ini berasal dari tempat pertambangan koalin yang telah lama di tinggalkan, kemudian di tambah dengan sentuhan alam sehingga menyempurnakan keindahan yang ada di danau koalin ini. Melihat deskripsi diatas pasti membuat anda penasaran untuk mengunjungi danau yang mengagumkan ini, jadi tunggu apa lagi datanglah bersama keluarga anda ketempat ini. Danau Koalin yang mengagumkan ini terletak di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.
Danau Koalin merupakan danau yang mirip danau di tengah salju Wisata Danau Koalin Bangka Selatan
Danau Koalin Bangka Selatan | Sumber Gambar : ilovebangkabelitung.com

Mengapa dinamakan Koalin, alasannya ialah tempat ini merupakan tempat pertambangan koalin. Koalin sendiri merupakan sebuah mineral yang digunakan sebagai materi baku pada banyak sekali industri untuk membuat produk-produk mereka. Produk-produk yang menggunakan koalin sebagai salah satu materi bakunya antara lain yaitu kertas, kosmetik, pasta gigi, dan makanan. Kenapa menggunakan koalin ? alasannya ialah koalin memiliki sifat yang putih, halus, berpengaruh dan daya hantar panas dan daya hantar listriknya rendah.
Danau Koalin merupakan danau yang mirip danau di tengah salju Wisata Danau Koalin Bangka Selatan
Tumpukan yang nampak mirip gunung putih di wilayah sekitar danau koalin | Sumber Gambar : gosumatera.com

Pemandangan yang disediakan danau koalin ini sangat memanjakan mata anda, alasannya ialah sejauh mata anda memandang anda akan hanya melihat warna putih untuk dataran atau bukit-bukitnya, warna biru untuk air danaunya yang sangat indah, dan warna hijau untuk pepohonan yang ada disekitar danau koalain ini.
Danau Koalin merupakan danau yang mirip danau di tengah salju Wisata Danau Koalin Bangka Selatan
Bukit Berwarna Putih dan Air Warna Biru Danau Koalin | Sumber Gambar : gosumatra.com

yang beda dari danau koalin dan kawah-kawah putih lainnya yaitu tidak ada basi sulfur yang ada di danau ini sehingga para travellers yang berkunjung kesini sangat betah dan tentunya suka untuk berlama-lama di area ini untuk mengabadikan momen, mengampil foto prawedding dan kegiatan mencar ilmu fotografi sangat cocok dilakukan disini. Selain tidak adanya basi sulfur air yang ada di danau koalin ini juga cukup aman alasannya ialah ini tidak panas dan juga anda mampu melihat masyarakat sekitar menggunakan air danau untuk acara sehari-hari mirip mandi, berenang dan kegiatan lainnya yang bekerjasama dengan air.
Danau Koalin merupakan danau yang mirip danau di tengah salju Wisata Danau Koalin Bangka Selatan
Danau Koalin Paduan Warna Putih dan Biru | Sumber Gambar : gosumatera.com
Untuk anda yang ingin mengunjungi danau koalin caranya cukup mudah, anda hanya perlu melaksanakan perjalanan ke kabupaten bangka selatan khususnya ke kotanya yaitu tempat toboali, kemudian dari sini anda hanya perlu melaksanakan perjalanan sekitar kurang lebih 45 menit, yang mampu anda tempuh dengan menggunakan kendaraan umum , anda hanya perlu beritahu kepada supir atau pengendara untuk mengantar anda ke danau koalin atau yang dikenal oleh warga sekitar sebagai wisata camoy (kolong aik (air) biru). Namun bila anda berangkat dari bandara Depati Amir Pangkal Pinang, anda akan menempuh perjalanan kurang leboh 1 sampai 2 jam. Terkahir untuk anda yang dari tanjungpandan yang memakan waktu kurang lebih 10 menit.

Karena masih kurangnya jalan masuk kendaraan menuju kesini, anda sebaiknya menggunakan kendaraan langsung atau menggunakan/menyewa kendaraan milik masyarakat sekitar. Selain itu fasilitas umum yang menunjang wisata ini masih belum ada, jadi untuk anda yang memerlukan kemudahan dan fasilitas lainnya anda mampu merapat ke kota tanjungpanda yang menyediakan banyak sekali kebutuhan anda.

Demikian Ulasan mengenai Wisata Danau Koalin Bangka Selatan, biar danau mengagumkan ini membuat perasaan dan hati kita semakin lebih hening dan senang, dan juga biar lebih mendekatkan kita kepada sang pencipta dengan mengingat betapa besar kuasanya dalam menciptakan keindahan alam mirip ini. Salam Travelling

Posting Komentar

 
Top