Wisata Alam Air Terjun Tujua Maros - Kembali lagi dan lagi admin membahas ihwal Butta Salewangang atau yang lebih dikenal dengan kabupaten Maros. Selain sebagai tempat tinggal admin, kabupaten maros memang merupakan salah satu kabupaten yang menyimpan banyak stok titik jeram yang belum terlalu terjamah, alias belum dalam pengelolaan pemerintah setempat, namun sudah lebih dahulu di explore oleh masyarakat sekitar maupun komunitas-komunitas wisata yang ada di Maros. Beberapa hari yang lalu admin anekawisatanusantara bersama dengan Komunitas Jalan Jalan Seru Maros dan jaringannya pergi mengunjungi 2 spot jeram yaitu Air Terjun Tujua dan Air Terjun Taipa yang berada di jalur yang sama, namun pada artikel ini admin hanya akan membahas ihwal Air Terjun Tujua yang terletak di Dusun Tompobulu, Desa Tompobulu, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.
 Kembali lagi dan lagi admin membahas ihwal Butta Salewangang atau yang lebih dikenal de Wisata Alam Air Terjun Tujua Maros
Wisata Alam Air Terjun Tujua, Desa Tompobulu, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros

Air Terjun Tujua merupakan salah satu jeram maros yang sangat segar, karena mata airnya berasal dari pegunungan tempat tompobulu, serta di tempat sekitar jeram ini mampu dibilang alamnya masih alami karena masih jarang di kunjungi jadi kemudahan yang disediakan pun sudah terang tidak ada, namun bila anda datang hari libur kesini (sabtu/minggu) akan ada beberapa warga yang menjual makanan & minuman ringan untuk anda konsumsi bila anda lupa membawanya dari rumah.

Pada ketika anda berada di air terjun ini, anda dapat mengabadikan momen anda dengan berfoto bersama teman, memanjat di bebatuan jeram untuk berfoto, alasannya yaitu di tingkat 2 jeram ini ternyata terdapat sebuah goa yang terbuat dari batu, sempurna di bawah air terjun, jadi bila anda ingin mencicipi sensasi memasuki goa dibawah jeram jangan lupa untuk manjat ketika hingga disini, tetapi ingat Keep Safety (tetap jaga keamanan).
 Kembali lagi dan lagi admin membahas ihwal Butta Salewangang atau yang lebih dikenal de Wisata Alam Air Terjun Tujua Maros
Terdapat Sebuah Goa di Lantai 2 Air Terjun Tujua

Untuk menuju jeram tujua anda harus berada di kabupaten maros, bila anda ingin pergi bersama sebaiknya anda menentukan meeting point, nah meeting point yang paling cocok untuk berkumpul yaitu di depan salah satu minimarket (alfamart) di tempat carangki, kecamatan tanralili, letaknya sempurna di sudut pertigaan jalan.

Dari meeting point ini anda harus belok kanan, menuju tempat pucak, tompobulu anda mampu lewat jalan poros untuk ke pucak, mampu juga anda lewat jalur menuju bendungan lekopancing yang pada intinya anda harus menuju tempat pucak. Diperjalanan anda akan melewati jembatan gantung yang cukup ekstrim dan terkenal di tempat tompobulu. Selepas itu silahkan lanjut perjalanan ke desa tompobulu. Sesampainya di kanal ke air terjun, anda akan dipaksa melewati jalan berbatu yang belum baik dengan motor anda, kira kira 10 menit hingga menerima tempat parkir untuk motor anda.
 Kembali lagi dan lagi admin membahas ihwal Butta Salewangang atau yang lebih dikenal de Wisata Alam Air Terjun Tujua Maros
Admin di Air Terjun Tujua Maros

Dari tempat parkir anda harus melanjutnya perjalanan yang cukup jauh kurang lebih 45 menit - 1 jam 30 menit tergantung dari kecepatan anda dan rombongan anda berjalan. Anda akan melewati beberapa rumah warga yang memproduksi gula merah, warga disekitar sini termasuk warga yang ramah. Setelah jauh berjalan melewati hutan-hutan anda akan mendengar bunyi gemuruh air terjun, yang membuktikan lokasi jeram tujua sudah tidak jauh lagi. Suara gemuruh itu akan memacu semangat berjalan anda untuk lebih cepat hingga ketujuan. Nah setelah hingga di jeram nya, selamat menikmati keindahannya dan tetap jaga kebersihan.
 Kembali lagi dan lagi admin membahas ihwal Butta Salewangang atau yang lebih dikenal de Wisata Alam Air Terjun Tujua Maros
Foto Bersama Member JJS dari Berbagai Chapter di Air Terjun Tujua

Demikian Ulasan mengenai Air Terjun Tujua Maros, yang merupakan salah satu keindahan alam maros yang masih tersembunyi, lingkungannya pun masih sangat bersih, jadi para traveler maupun pejalan yang datang kesini, yang boleh anda tinggalkan hanyalah jejak, sampahnya dibawah pulang, jangan disimpan disini karena akan berdampak buruk untuk lingkungan sekitar air terjun. Kalau anda tertarik dengan jeram ini #AyoKeMaros. Jika masih pusing dengan penjelasan jalan yang dituliskan admin, anda mampu meminta admin menjadi trip leader yang mampu anda hubungi di Instagram Abdhi, ataupun Instagram Jalan Jalan Seru Maros.

Posting Komentar

 
Top