Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul - Merupakan riam yang yang letaknya berada di sebuah ngarai dari sungai oya, dimana disekitar riam ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan persawahan yang tertata rapi dan berwarna hijau indah. Kelebihan riam ini yaitu riam ini akan terus mengalir meskipun ekspresi dominan kemarau, dan debit airnya pun akan tetap deras.

Air Terjun Sri Gethuk memiliki kisah sejarah sendiri, menurut ketua kelompok tani yang mengelolah tempat wisata ini, asal permintaan dari nama gethuk yaitu nama sebuah perangkat gamelan kawasan jawa, bukan nama makanan tradisional yang terbuat dari ubi kayu (singkong). namun untuk lebih memudahkan disebut maka nama gethuk ditambah sri di awalannya, maka dari itu riam ini diberi nama riam sri gethuk. Air Terjun ini berada di  Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul,Provinsi Yogyakarta, Indonesia
Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Seperti yang saya jabarkan diatas mengenai asal permintaan dari nama riam ini, riam ini juga memiliki kisah mistis menurut masyarakat setempat. Konon katanya di sekitar lokasi riam terdapat sebuah kerajaan mistis atau kerajaan para lelembut (hantu/makhluk halus), yang biasanya muncul di waktu tertentu untuk memainkan alat musik gethuk ini,dan yang menakutkan dari kisah ini ,katanya masyarakat desa bleberan mendengarkanya dengan sangat besar dan nyaring.

Air Terjun ini merupakan objek wisata pilihan di kabupaten gunung kidul, dan pastinya sangat di sayangkan kalau anda lewatkan, alasannya yaitu riam ini memiliki keindahan yang jarang di temukan di riam lainnya, yaitu kesejukan dan bebatuan mengagumkan yang seakan membentuk suatu keindahan yang susah untuk dibahasakan. Selain riam anda akan menemukan sensasi segar dari sungai yang berada erat riam ini, yang berjulukan sungai oya.
Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Untuk mampu mencapai riam ini anda harus melaksanakan perjalanan ke provinsi yogykarta,selanjutnya ke kabupaten gunung kidul yang jarakanya kurang lebih 45 Km dimana anda akan melewati arena terjal, dan mendaki untuk hingga ke kawasan piyungan, setelah anda menerima hutan negara di kawasan bunder, erat situ ada sebuah pertigaan gading dan anda harus belok kanan ke kecamatan palihan,kurang lebih jaraknya 2 Km, kemudian dapat pertigaan silahkan belok kanan lagi untuk ke riam sri gethuk, dimana sepanjang jalan anda akan menemukan papan penunjuk arah ke lokasi air terjun ini.
Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Jalan yang anda lewati mungkin tidak lah mudah, alasannya yaitu masih banyak jalan yang rusak dan kurang memadai, ada pula yang sudah teraspal, pokoknya jalan nya sangat beraneka ragam. Setelah itu anda akan hingga di lokasi parkir tempat anda menyimpan kendaraan anda.

untuk mencapai riam yang mampu menghilangkan penat anda mampu memilih 2 cara yang pertama anda mampu menuruni anak tangga yang ada disini, bentuknya lumayan bagus alasannya yaitu sudah di semen. Tangga ini akan mengarahkan anda ke dermaga yang ada di tepi sungai, dimana dari dermaga ini anda akan naik perahu modifikasi yang berjulukan perahu gethek dimana anda harus merogoh kocek kurang lebih Rp.8000 - Rp.10000 / orang untuk pulang balik perahu gethek dengan jalur dermaga dan air terjun. Cara kedua anda mampu berjalan kaki melewati pematang sawah yang jaraknya kurang lebih 1.5 Km.
Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Demikian ulasan mengenai Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul , semoga goresan pena ini mampu membantu anda para wistawan yang ingin berkunjung ke tempat ini biar anda semakin mudah untuk menemukannya, dan untuk anda yang telah berkunjung kesini jangan lupa berikan koreksi kalau goresan pena saya ada yang salah. Dan yang paling penting jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Posting Komentar

 
Top