Monumen Tugu Pepera Jayapura - Jayapura merupakan sebuah ibukota dari Kota Jayapura yang juga sekaligus sebagai ibukota Provinsi Papua. Merupakan sebuah sentra pemerintahan di Indonesia yang di dalamnya melibatkan banyak unsur mulai dari acara sosial dan acara politik, selain itu papua juga merupakan wilayah yang daerahnya berbukit, kaya akan pemandangan laut dan banyak hal menarik lainnya yang membuat para wisatawan senang untuk berkunjung ke Jayapura. Kali ini aneka wisata nusantara akan membahas mengenai salah satu situs peninggalan sejarah yang banyak menarik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, nama dari situs bersejarah itu, yaitu Monumen Tugu Pepera. Wisata Sejarah Monumen Tugu Pepera Jayapura terletak di Jalan Dr. Sam Ratulangi, Kabupaten Jayapura , Provinsi Papua, Indonesia.
 Jayapura merupakan sebuah ibukota dari Kota Jayapura yang juga sekaligus sebagai ibukota  Wisata Sejarah Monumen Tugu Pepera Jayapura

Monumen Tugu Pepera merupakan kependekan dari Penentuan Pendapat Rakyat alasannya yaitu monumen ini dibangun untuk memperingati deklarasi rakyat papua khususnya untuk Kabupaten jayapura yang menentukan pendapat untuk bergabung di NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Monumen ini memiliki banyak dongeng sejarah yang bercerita perihal rakyat papua di Jayapuram, dengan tujuan semoga wisatawan yang datang ke Tanah Papua mampu mengambil dan mengetahui dongeng sejarah tersebut.

Gambaran perihal tempat wisata sejarah monumen tugu pepera jayapura ini, yaitu sebuah tempatyang dikelilingi oleh pagar putih yang terbuat dari besi, kemudian di dalamnya ada tiang yang memiliki ciri khas alasannya yaitu tiang tersebut di ukir dengan gesekan bermotif tifa. Makna dari gesekan ini yaitu "Berasal Dari Satu Suku Besar".
 Jayapura merupakan sebuah ibukota dari Kota Jayapura yang juga sekaligus sebagai ibukota  Wisata Sejarah Monumen Tugu Pepera Jayapura

Selain tiang dengan motif. di dalam daerah wisata ini terdapat papan nama tempat yang bertuliskan "Monumen Tugu Pepera", kemudian tersedia anak tangga kecil yang mampu anda gunakan untuk mencapai dinding dengan gambar peta lengkap negara kesatuan republik indonesia. Kemudian terdapat sebuah tiang yang sangat khas dan unik, alasannya yaitu tiang ini di ukir dengan gesekan khusus dari suku papua, dimana tiang ini terdiri dari 10 buah, 5 disebelah kiri dan 5 lainnya di sebelah kanan.

Untuk para wisatawan yang  ingin berkunjung ke wisata sejarah monumen pepera ini, anda harus melaksanakan perjalanan ke lokasi wisata menggunakan kendaraan umum, yang tentunya menggunakan biaya kurang lebih Rp.3000 - Rp.6000, biaya ini yaitu biaya menggunakan angkutan umum ke Jl.Dr.Sam Ratulangi. Sesampainya di jalan tersebut anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan ojek ke lokasi wisatanya dengan biaya kurang lebih Rp.10.000 - Rp.15.000, bila menggunakan ojek lokasi mampu ditempuh dalam waktu yang singkat.
 Jayapura merupakan sebuah ibukota dari Kota Jayapura yang juga sekaligus sebagai ibukota  Wisata Sejarah Monumen Tugu Pepera Jayapura

Demikian Ulasan mengenai Wisata Sejarah Monumen Tugu Pepera Jayapura , semoga goresan pena ini mampu membantu anda dalam mengenali tempat-tempat bersejarah yang anda di indonesia, yang mungkin mampu membuat kita lebih mengenal budaya dan juga sejarah yang membentuk negara indonesia kita yang tercinta. Jangan lupa tinggalkan komentar yang bermanfaat di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Posting Komentar

 
Top