Wisata Sejarah Candi Banyunibo Sleman - Candi merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sudah sangat lama, baik candi hindu maupun candi budha, sebab candi-candi ini dibangun pada zaman kerajaan-kerjaan hindu budha berdiri di nusantara. Pada zaman sekarang candi sudah menjadi destinasi wisata yang banyak di kunjungi oleh aneka macam kalangan dan aneka macam kepentingan, baik untuk penelitian, sekedar berfoto maupun study tour untuk berguru dan mengerjakan peran sekolah. Kali ini admin akan membahas mengenai salah satu candi peninggalan budha yang masih lestari hingga dikala ini. Candi tersebut berjulukan candi banyunibo yang tidak kalah terkenal dengan candi borobudur. Wisata Sejarah Candi Banyunibo ini terletak di di selatan Desa Cepit, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Candi merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sudah sangat lama Wisata Sejarah Candi Banyunibo Sleman
Candi Banyunibo | Sumber Gambar : fajarindra.web.id

Candi banyunibo merupakan candi yang masih terawat hingga sekarang dan masih berdiri berpengaruh dan kokoh di dataran luas yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang indah. Menurut sejarah candi banyunibo ini di temukan pada tahun 1940 tepatnya pada bulan november, namun sangat disayangkan pada dikala candi ini di temukan keadaannya sangat memprihatinkan, adalah dalam keadaan rusak, namun pada tahun 1942 candi ini kembali di perbaiki semoga tetap terlestarikan, dan pada tahun 1962 Candi banyunibo sudah banyak di datangi oleh wisatawan domestik maupun internasional, dan para wisatawan tersebut bertahan hingga sekarang.

Jika anda masuk ke dalam lokasi candi banyunibo , anda akan menemukan 6 buah candi, maka dari itu tempat ini dikatakan sebagai kompleks percandian, dan untuk mencapai lokasi tersebut anda harus melewati jembatan kayu yang berukuran kecil, yang berada sempurna di atas sebuah sungai. Keenam candi yang ada di banyunibo dikatan sebagai candi perwara atau candi pendamping, dimana bentuknya ibarat stupa yang mengelilingi candi utama adalah candi banyunibo. Candi perwara yang mengelilingi candi utama ini terbuat dari watu putih yang mengakibatkannya cepat sekali aus.
Candi merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sudah sangat lama Wisata Sejarah Candi Banyunibo Sleman
Candi Banyunibo | Sumber Gambar : pengenliburan.com

Untuk mampu mencapai candi banyunibo sangatlah mudah, namun sebaiknya anda menggunakan kendaraan eksklusif ketimbang kendaraan umum, sebab jalan masuk jalan ini masih sangat jarang di temui kendaraan umum. anda harus melaksanakan perjalanan ke Yogyakarta tentunya, kemudian anda harus kearah timur mengambil jalan Jogja-solo yang merupakan jalan menuju candi prambanan, setelah itu anda akan menemukan pertigaan lampu merah sebelum prambanan, kemudian pilih kanan menuju selatan. jalan terus saja hingga anda menumukan petunjuk jalan.Dari situ anda mampu bertanya atau menemukannya dengan mudah sebab wisata ini sudah cukup terkenal di masyarakat sekitar.

Setelah anda sampai, anda mampu menikmati pemandangan yang di suguhkan di candi banyunibo ini,namun sebab situs wisata ini sudah dikelolah oleh pemerintah setempat maka dari itu anda akan dikenakan biaya wajib untuk memasuki tempat wisata ini, adalah sebesar Rp.1000 - Rp.2000, dimana Rp.1000 untuk anak-anak, dan Rp.2000 untuk pengunjung dewasa. Satu isu lagi kalau anda ingin membaca sejarah dari candi banyunibo anda mampu membaca nya di papan isu yang disediakan di erat pintu masuk.
Candi merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sudah sangat lama Wisata Sejarah Candi Banyunibo Sleman
Candi Banyunibo | Sumber Gambar : ragamtempatwisata.com

Demikian Ulasan mengenai Wisata Sejarah Candi Banyunibo Sleman, dimana candi ini merupakan peninggalan sejarah bangsa kita, maka dari itu harganya tidak mampu di ukur dengan uang. Maka dari itu marilah kita bahu-membahu menjaga keutuhan dan kelestarian salah satu warisan bangsa kita. Minimal dengan cara menjaga kebersihannya. Salam Lestari.

Posting Komentar

 
Top