Jakarta, Lombok Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat mendominasi jajaran nominator dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 yang dirilis oleh Kementerian Pariwisata Indonesia pada Kamis (25/8). Halal tourism merupakan konsep besar pengembangan destinasi, yang di antaranya ditandai dengan jaminan masakan halal, tidak menjajakan alkohol, pemberitahuan waktu jelang beribadah (azan), kawasan bersuci lengkap dengan kemudahan kawasan ibadah, serta kemudahan berkonsep pemisahan antara pria dan perempuan.

 Lombok Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat mendominasi jajaran nominator dalam Kompetisi Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia

Lombok memang populer dengan keindahan alamnya yang masih sangat terjaga dengan baik. Selain itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Aceh Rahmadhani serta kepala dinas dan Kepala Bidang Pemasasan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Didit Permadi Santoso memberikan presentasi mengenai potensi wisata halal di dua destinasi wisata tersebut.

Antusiasme masyarakat berpartisipasi dalam kompetisi ini sangat tinggi dan ini membangkitkan optimism bahwa Pariwisata Halal Indonesia akan menjadi unggulan di dunia, ujar Lokot Ahmad Enda, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata BudayaKementerian Pariwisata, yang juga menjabat Sekretaris TP3H.

Berdasarkan keturutsertaan Indonesia dalam ajang bergengsi terkait industri wisata halal dunia, Indonesia merupakan negara yang paling siap untuk menjadi kiblat wisata halal ini. Pada tahun 2016, Indonesia menyabet 12 penghargaan di World Halal Tourism Award yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab. Pada tahun ini, Indonesia menggeser posisi Turki untuk menempati peringkat ketiga.


Jakarta: Sejumlah destinasi wisata di Indonesia potensial menjadi sentra wisata halal. Konon nformasi yang Direktori Wisata terima masyarakat di sini mempunyai pujian tersendiri jikalau sanggup mebangun masjid megah. Dari ketiga provinsi tersebut, Lombok growthnya 50 persen dan okupansi hotel sudah mencapai 80 persen. Beberapa kawasan rekomendasi di Pulau Lombok yang sarat dengan keindahan ialah Gunung Rinjani, Danau Segara Anak,Pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta Lombok, Pantai Senggigi atau Wisata Pulau menyerupai ke Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Air.

Posting Komentar

 
Top