Wisata Budaya Tongkonan Buntu Pune Toraja Utara - Kawasan Buntu pune merupakan tempat rumah moral tongkonon yang memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang sangat tinggi, alasannya ialah tempat ini mampu dibilang menjadi saksi bisu dari sejarah perjuangan para pemimpin toraja untuk mengusir penjajah dari bumi lakipadada ini. Kawasan Buntu Pune ini dibangun oleh seorang pemimpin ditoraja yang berjulukan Siambe Pong Maramba, tepatnya pada tahun 1880, dimana buntu pune di bangkit sebagai tempat beristirahat atau tempat tinggal Siambe Pong Maramba dan keluarganya, dan juga tempat tinggal para punggawa,pengawal dan para pengikut lainnya. Buntu Pune memiliki arti Buntu ialah Bukit, dan Pune ialah tanaman sejenis pakis, untuk arti Buntu Pune silahkan di artikan sendiri. Wisata Tongkonan Buntu Pune terletak di terletak di Desa Ba'Tang , Kecamatan Kessu, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.
Wisata Budaya Tongkonan Buntu Pune Toraja Utara Wisata Budaya Tongkonan Buntu Pune Toraja Utara

Jika anda berkunjung ke Kawasan Wisata Budaya Tongkonan Buntu Pune ini, anda akan melihat bukit-bukit karts dikawasan ini, yang konon katanya bukit-bukit/batu karts itu digunakan untuk acara pengintaian jarak jauh dan juga sebagai benteng pertahanan benteng pertahanan yang ada di buntu pune ini, dikenal sebagai Benteng kaluku Buntu Pune, selain itu dinding-dinding karst dan dinding kerikil disini dijadikan sebagai lokasi kuburan untuk leluhur mereka.
Wisata Budaya Tongkonan Buntu Pune Toraja Utara Wisata Budaya Tongkonan Buntu Pune Toraja Utara

Selain menikmati keindahan alam yang ada di buntu pune, anda juga mampu melihat 2 jenis tongkonan yang ada di buntu pune, diantaranya Tongkonan Kalulu yang ada disebelah timur, dan Tongkonan Kamiri di sebelah barat, dimana tongkonan ini masing-masing didirikan oleh Sanda Tudang, dan Ne'Puyo. Selain itu Tongkonan Kamiri diberikan status Tongkonan Pa'Buntu Sugi'.

Karena Buntu Pune menjadi saksi sejarah perjuangan zaman dahulu, maka dari itu tempat ini dijadikan situs peninggalan purbakala. meskipun tempat ini bukan tempat wisata umum, melainkan tempat wisata khusus keluarga, akan tetapi pemerintah meminta semoga tempat ini dijadikan tempat wisata umum.
Wisata Budaya Tongkonan Buntu Pune Toraja Utara Wisata Budaya Tongkonan Buntu Pune Toraja Utara

Di kawasan wisata buntu pune toraja anda mampu menikmati keindahan tongkonan, keindahan bukit karts, keindahan pemakaman alam di batu,pemakaman buatan dari semen, dan juga jikalau anda terus naik keatas anda mampu menemukan benteng besar miliki belanda. 

Untuk biaya masuk disini, aku belum menerima informasi yang jelas, namun jikalau ada di antara pembaca yang sudah pernah ke tempat ini sebaiknya mengembangkan mengenai informasi manajemen tersebut.

Untuk mampu ke tempat wisata ini anda harus melaksanakan perjalanan ke Kabupaten Toraja Utara, kemudian anda mampu menemukan obyek wisata ini kurang lebih 3 Km, ke arah selatan di jalur menuju Ke'te Kesu'.

Demikian Ulasan mengenai Wisata Budaya Tongkonan Buntu Pune Toraja Utara , semoga menunjukkan informasi yang berkhasiat untuk anda yang ingin berwisata ke daerah ini, jangan lupa jikalau informasi yang artikel ini berikan berkhasiat tinggalkan komentar anda di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Posting Komentar

 
Top