Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya Maros - kali ini admin akan membahas mengenai wisata alam yang ada di kabupaten maros, namun akan memberatkan pembahasan ke wisata alam riam yang ada di Camba. Perlu diketahui sebelumnya, camba memiliki banyak riam dengan tingkat keindahan yang begitu memukau namun  masih sulit terjangkau oleh wisatawan. Disamping sebab letaknya yang jauh dari sentra kota, juga sebab susukan untuk ketempat tersebut yang mampu dikatakan extrame.Di Camba kita mengenal beberapa riam  seperti air terjun lacolla,maddenge dan riam yang lainnya. Namun, riam yang kali ini admin paparkan tidak kalah indahnya dengan yang telah admin sebutkan sebelumnya.  Sebut saja namanya  Air Terjun Lengang Laiya yang terletak di Bontomanai, Desa Laiya, Kecamatan Cendrana Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.
Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya Maros Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya Maros
Air Terjun Lengang Laiya | Sumber Gambar : pasangmata.com

Air Terjun Lengang Laiya dinamakan demikan sebab letaknya yang berada di Desa Laiya, yakni perkampungan yang terbentuk akhir pertemuan daerah persinggahan gerilya di zaman dahulu. Yang membuat riam ini lebih menarik ialah medan yang dilalui serta keindahan sepanjang jalan menuju riam tersebut. Jalan berbatu dibungkus dengan tanah liat, juga tanjakan-tanjakan serta tikukangan-tikungan tajam menambah daya berpetulang daerah tersebut. 

Tak mengherankan kalau air terjun Lengang Laiya masih sulit terjamah.  Jika anda berkunjung ketempat ini anda akan mendapati suasana alam yang begitu kental, tidak jauh berbeda dengan nuansa malino, ditempat ini juga ada banyak pohon pinus. Yang oleh sebagian dari penduduk memanfaatkannya sabagai sumber pekerjaan untuk menerima penghasilan.  Untuk mampu hingga ketempat tersebut anda mampu menggunakan kendaraan beroda dua yang dapat eksklusif menemui air terjunnya tanpa perlu berjalan kaki, tetapi yah mirip  yang admin paparkan sebelumnya, anda harus betah terguncang-guncang akhir jalan yang rusak  dan kemungkinan yang paling buruk ialah jatuh berkali-kali. Eh, itumah pengalaman admin. Hihihi dan kalau anda menggunakan kendaraan beroda empat, anda harus menguakan otot-otot kaki sebab anda akan berjalan kurang lebih 2 kilo meter untuk mampu hingga di riam Laiya. Hehehe Semanga’! dan dan jangan pernah mengunjungi daerah ini pada ekspresi dominan penghujan, mengapa demikian? Karena akan semakin menyulitkan anda  karena tanah merah menjadi berair yang mengakibabkan jalanan  menjadi licin.
Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya Maros Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya Maros
Menimati Air Terjun Lengang Laiyya | Sumber Gambar : maumauta.wordpress.com

Air Terjun ini memiliki 2 tingkat. Yakni pada adegan atas air terjun. Dari spot tersebut kita dapat menyaksikan keindahan air terjunnya dari atas. Bebatuan yang tersebar tak beraturan dengan ukuran yang berbeda-beda namun indah. Lalu, adegan bawah, untuk mampu mencapai daerah tersebut kita perlu menuruni  bukit-bukit kecil dengan medan yang tak kalah extremenya. Salah injak sedikit adduh, mati kita. Hehe tidak, tidak, tidak semenyeramkan itu. Penasaran? Yah ayoo kesini dong. Eh lanjut, berhati-hatilah dikala menuruninya sebab disamping medan yang extreme, tanahnya pun licin, bebatuannya tajam dan yah pokoknya berhati-hati.  Namun, perjuangan yang anda lakukan, tenaga yang terkuras juga emosi yang naik turun akan terbayar oleh sejuknya suasana dan juga indahnya air yang jatuh berbondong-bondong. Dan satu lagi, tidak dipungut biaya. Alias, gratis. Jika anda lelah akhir perjalanan yang menyita segalanya, anda mampu berendam, bermain-main air, berfoto selfie, juga makan diatas bebatuannya. Tetapi ingat sampahnya diamankan. Hehe
Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya Maros Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya Maros
Papan Penunjuk Arah Air Terjun Lengang Laiya | Sumber Gambar : google.com

Demikian Ulasan mengenai Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya, ada banyak riam yang memiliki keidahan  dan panorama yang mengagumkan tetapi, tersembunyi dan sulit ditemukan. Dari pernyataan tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa untuk mencapai suatu keindahan kita harus melalui banyak rasa terlebih dahulu, butuh berjuang lebih dulu dan butuh kesabaran yang besar. Keindahan mirip kebahagiaan , semakin sulit cobaan yang kita lalui maka akan semakin mengagumkan selesai yang akan kita dapatkan. Sekian, mari jaga alam kita dengan tidak membuang sampah disembarang daerah juga tidak mengambil dan merusak apa yang telah dimiliki oleh alam. Mari jadikan tangan-tangan jahil kita, menjadi tangan-tangan  asri. Akhir kata, Wassalamualikum Wr. Wb. 

Posting Komentar

 
Top