Wisata Kuliner Pallu Butung Makassar - Pallu butung, jikalau seseorang mendengar kata itu pasti yang terlintas di dalam pikiran mereka ialah makanan/atau minuman khas yang ada di Makassar, sebab dari namanya saja sudah tertangkap tangan sebab di namanya ada kata "Pallu" yang merupakan bahasa makassar yang artinya masak,karena makanan ini memang dimasak dulu gres dihidangkan. Pallu Butung Merupakan makanan khas dari Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

menyerupai yang aku katakan diatas, Pallu butung merupakan makanan khas makassar dan masakan ini mampu masuk dalam kategori makanan maupun minuman. Mungkin ada yang bertanya, kenapa mampu masuk dalam masakan makanan atau minuman ? jawabannya sangat simple sebab masakan ini dimasak dulu kemudian anda mampu memiliki memakan atau meminumnya. Tergantung kebutuhan dan pada ketika apa makanan ini disajikan.

Pallu butung merupakan makanan dengan materi dasar Pisang Raja yang dikukus, kemudian setelah itu disajikan dengan saus/kuah khas sehingga menjadi sebuah masakan yang enak untuk di santap dan juga menyegarkan.
 jikalau seseorang mendengar kata itu pasti yang terlintas di dalam pikiran mereka ialah mak Wisata Kuliner Pallu Butung Makassar
Sajian Kuliner Pallu Butung/Es Pallu Butung | Sumber Gambar : resepdanmasakan.com

Cara penyajian Pallu butung yaitu pertama-tama pisang rajanya dikukus dulu, kemudian setelah itu saus dari masakan ini harus dibuat, itupun dengan bahan-bahan yang sederhana seperti santan kental, daun pandan, gula pasir, tepung beras dan air putih, semua adonan tersebut dicampur dan menghasilkan kuah berwarna putih menyerupai susu namun hanya sangat kental menyerupai lem. Setelah sausnya jadi pisang raja yang telah di kukus tadi disatukan. kemudian diberikan komplemen menyerupai sirup dan susu.

Untuk program arisan pallu butung sangat cocok disajikan hangat sehingga mampu dinikmati dengan baik, namun pada ketika bulan ramadhan dimana semua umat islam berpuasa, anda sebaiknya merubah cara penyajiannya menjadi Es Pallu Butung, dimana pallu butung yang sudah jadi dalam keadaan hangat mampu anda tambahkan es kerikil untuk sajian berbuka puasa yang menyegarkan siapapun yang menyantapnya.
Harga Pallu Butung Yaitu Kisaran Rp.10.000 - 15.000/Porsi (Mangkuk)

Karena sekarang bulan ramadhan dan sesuai kebiasaan banyak sekali tempat di sulawesi selatan yang menyebabkan pallu butung sebagai makanan khas untuk berbuka yang menyaingi Es Pisang Ijo, anda akan dengan mudah menemukan pallu butung di pinggir jalan, di pasar, maupun di restauran yang ada di makassar maupun didaerah sulawesi selatan lainnya. Namun jikalau anda ingin membuatnya sendiri dirumah anda mampu mencari di Internet dengan kata kunci "Resep dan Cara Membuat Pallu Butung". Jika anda sudah membuatnya jangan lupa dibagi dengan admin yah.hehehe

Demikian Ulasan mengenai Wisata Kuliner Pallu Butung Makassar , dimana makanan khas yang berasal dari tanah sulawesi selatan ini, sangat cocok untuk menemai anda pada ketika berbuka puasa, maupun acara-acara resmi lainnya. Apalagi ketika ini bulan ramadhan anda mampu mencari cara membuat makanan khas ini di internet, sebab pada artikel ini kami hanya memperkenalkan makanan khas ini. Admin mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

Posting Komentar

 
Top