Wisata Religi Makam Keramat Ju Panggola Gorontalo - Di Gorontalo terdapat sebuah makan yang berjulukan Makam Ju Panggola, namun berbeda dengan makam-makam pada umumnya, makam ini di keramatkan oleh orang sekitar sebab beberapa bantalan an tertentu. Makam ini mampu dibilang menawarkan kesempatan kepada insan untuk musyrik, akan tetapi saat iktikad kita berpengaruh maka hal tersebut tidak akan terjadi. Namun tak dapat di pungkiri bahwa kawasan sekitar makam ini memang menawarkan keajaiban dan kecacatan tersebut, dan jikalau anda penasaran silahkan berkunjung eksklusif ke Makam Keramat Ju Panggola yang terletak di Kelurahan Lekobalo, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Indonesia.

Konon Katanya Ju Panggola yang Artinya "Pak Tua" merupakan gelar yang diberikan kepada ilato (si kilat) sebab dia mempunya kekuatan mistis yang jikalau negara dalam keadaan genting dia akan muncul dan mengatasinya, sosok ilato di gambarkan sebagai kakek bau tanah yang menggunakan jubah putih dan janggot berwarna putih, dia juga biasa disebut auliya, sebab dia merupakan orang yang membuatkan agama islam.

Anda yang berkunjung ke Makan Keramat Ju Panggola Gorontalo akan melihat kehebatan tanah yang ada di sekitar makam ini, sebab konon katanya tanah ini membuatkan bau wangi yang sangat harum,dan dibalik harumnya tersebut katanya menyimpan kehebatan tersendiri.
Wisata Religi Makam Keramat Ju Panggola Gorontalo Wisata Religi Makam Keramat Ju Panggola Gorontalo

Para wisatawan yang berkunjung ke Makan Keramat Ju Panggola biasanya menyempatkan untuk mengambil segenggam tanah yang akan dijadikan azimat, sebab tanah di makam keramat ini dipercaya dapat menyembuhkan banyak sekali macam penyakit, dan dapat memperlancar rezeki.

Tidak tanggung-tanggung wisatawan yang datang kesini jumlahnya ribuan dan mereka semua mengambil tanah di sekitar makam keramat ini, dan anehnya meskipun tanah ini digali dan diambil banyak orang,namun tanah di sekitar makam ini tetap utuh tanpa ada bekas galian maupun bekas lubang sedikitpun.

Di Komplek Makam Keramat Ju Panggola juga terdapat sebuah mesjid yang mampu anda kunjungi, nama mesjid tersebut adalah Masjid Ju Panggola, yang menurut cerita, jikalau para pengunjung berdoa disini maka doa yang dia minta biasanya akan dikabulkan, jadi untuk anda para pengunjung jangan lupa siapkan doa terbaik sebelum dating ke tempat ini.
Wisata Religi Makam Keramat Ju Panggola Gorontalo Wisata Religi Makam Keramat Ju Panggola Gorontalo

Untuk mampu mencapai Makam Keramat Ju Panggola anda harus menempuh perjalanan ke Pusat Kota Gorontalo, kemudian anda harus menempuh perjalanan sekitar 7 kilometer ke kawasan Lekobalo. Akses tranportasi yang mendukung untuk ke tempat tersebut adalah kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Demikian Ulasan mengenai Wisata Religi Makam Keramat Ju Panggola Gorontalo, dimana ini bukan untuk diyakini, sebab yang mampu kita percaya hanyalah Tuhan SWT, namun jikalau anda penasaran anda mampu mencoba untuk berkunjung ke tempat tersebut, dan jangan lupa bagikan kisah dan pengalaman anda berkunjung ke tempat tersebut pada kolom komentar di bawah ini.

Posting Komentar

 
Top