Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh - Masjid Raya Baiturrahman merupakan sebuah masjid yang letaknya ada di sentra kota Banda Aceh, dimana mesjid ini dulu merupakan mesjid dari Kesultanan Aceh,yang dulunya di bakar pada waktu Penyerangan yang dilakukan belanda di Kota Banda Aceh pada tahun 1973.Akan tetapi setelah itu belanda membangun kembali mesjid untuk menggantikan mesjid tersebut ada tahun 1975. Masjid ini menempati lahan seluas 4 ha, dan memiliki arsitektur yang sangat rupawan dan unik, yang mungkin jarang di temui di Masjid-Masjid lainnya. Hal itulah yang menimbulkan bahwa mesjid raya baiturrahman ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata religi di kota banda aceh. Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh terletak di Jalan Mesjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Indonesia.
Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
Jika anda berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman anda akan disuguhkan pemandangan rupawan dari arsitektur unik mesjid ini, dimana anda mampu melihat bahwa masjid raya baiturrahman memiliki tujuh kubah, empat menara, dan juga satu menara induk yang berada di tengah masjid. Ruangan dalamnya memiliki lantai marmer yang dibuat oleh italia, dimana luasnya mencapai 4.760 Meter Persegi dan hebatnya mesjid ini mampu menampung sampai 9.000 Jemaah.
Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Kemudian pada halaman depan anda mampu melihat sebuah kolam yang sangat besar, dimana sekelilingnya tumbuh rerumptuan yang sangat rapi dan tertata, selain itu ada juga tanaman hias dan pohon kelapa yang menambah indahnya pemandangan di kawasan masjid baiturrahman ini.

Peristiwa bersejarah yang pernah terjadi disini, selain terbakaarnya mesjid ini pada tahun 1973, mesjid ini juga pernah menjadi saksi bencana jago yang pernah menimpah banda aceh, ialah Tsunami Aceh pada 26 Desember 2004, dimana mesjid ini tetap berdiri tegak pada kerasnya ombak tsunami dan menjadi tempat untuk meletakkan ribuan mayit yang merupakan mayit dari korban Tsunami Aceh.
Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
Untuk mencapai Mesjid Raya Baiturrahman anda harus pergi ke sentra kota Banda Aceh, dengan banyak mode transportasi yang mampu anda gunakan, diantaranya ialah Becak Motor (bentor), maupun labi-labi (transportasi masyarakat).

Demikian Ulasan Mengenai Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh ,semoga mampu membantu anda untuk lebih mengenal sejarah dan lebih mengingat kuasa Yang Mahakuasa Yang Maha Esa, melalui media wisata religi ini, jangan lupa menyebarkan dongeng anda berkunjung ke tempat ini, di kotak komentar yang ada dibawah postingan ini.

Posting Komentar

 
Top