Wisata Budaya Keraton Yogyakarta Hadiningrat - Keraton Yogyakarta Hadiningrat atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan Keraton Yogyakarta merupakan salah satu bagunan istana dari kerajaan yang ada di nusantara indonesia. Keraton Yogyakarta merupakan Istana Resmi dari Kesultanan Yogyakarta sampai tahun 1950 dikala Pemerintah Negara Bagian Republik Indonesia menyebabkan Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten Paku Alaman sebagai sebuah kawasan yang memiliki otonomi khusus dengan nama Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Yogyakarta). Keraton Yogyakarta pada mulanya didirikan oleh Pangeran Mangkubumi, yang selanjutnya bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono I, pada tahun 1775. Dulunya kawasan Keraton Yogyakarta ini merupakan rawa yang berjulukan Umbul Pacetokan. Wisata Budaya Keraton Yogyakarta terletak di Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.
Wisata Budaya Keraton Yogyakarta Hadiningrat Wisata Budaya Keraton Yogyakarta Hadiningrat

Keraton Yogyakarta muladi didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I beberapa bulan setelah Perjanjian Giyanti pada tahu 1755. Lokasi dibangunnya keraton memiliki banyak dongeng dibalik lokasinya ada yang mengatakan tempat dibangunnya keraton merupakan sebuah pasanggarahan yang berjulukan Garjitawati, dimana pasanggarahan ini biasanya digunakan untuk istirahat oleh iring-iringan mayat raja-raja Mataran (Kartasura dan Surakarta) yang akan di makamkan di imogiri. Ada juga yang mengatakan bahwa dulunya tempat ini sebuah mata air, yang berjulukan Umbul Pacethokan, yang berada di tengah hutan Beringan.

Wisata Budaya Keraton Yogyakarta Hadiningrat Wisata Budaya Keraton Yogyakarta Hadiningrat
Keraton yogyakarta tidak hanya sebagai tempat tinggal dari Sultan dan keluarganya akan tetapi keraton ini juga merupakan contoh perkembangan budaya jawa, dan juga sebagai penjaga kebudayaan jawa, alasannya ialah Keraton Yogyakarta merupakan museum hidup bagi budaya jawa dan budaya D.I Yogyakarta. Ada banyak hal yang mampu anda lihat dikala anda berwisata ke keraton yogyakarta, dan pastinya anda tidak akan menyesal dan tidak rugi bila berwisata ketempat ini.
Wisata Budaya Keraton Yogyakarta Hadiningrat Wisata Budaya Keraton Yogyakarta Hadiningrat
Untuk anda yang ingin berwisata ke Obyek wisata jogja ini, yaitu objek wisata keraton yogyakarta anda mampu menggunakan jasa transportasi tradisional yaitu andong, yang merupakan trasnportasi yang menggunakan tenaga kuda untuk menjalankannya. Jika anda berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta untuk menuju keraton anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit dan mengeluarkan biaya hanya sekitar Rp.10.000 sampai Rp.25.000.

Demikian Ulasan mengenai Wisata Budaya Keraton Yogyakarta Hadiningrat , biar mampu menunjukkan anda manfaat dan gosip yang terang wacana keraton yogyakarta yang mampu anda datangi untuk berwisata budaya maupun berwisata sejarah, alasannya ialah keraton yogyakarta merupakan salah satu objek wisata jogja terbaik. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini.

Posting Komentar

 
Top