Wisata Religi Masjid Jami Tua Palopo - Masjid Tua Palopo bukan merupakan masjid biasa akan tetapi Masjid Tua Palopo merupakan masjid peninggalan Kerjaan Luwu, maka dari itu Masjid Tua Palopo juga dinamakan Masjid Kerajaa Luwu,m dimana masjid ini didirikan oleh Raja Luwu yang berjulukan Datu Payung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi Sultan Abdullah Matinroe yang dibangun pada tahun 1604 Masehi. Masjid ini diberikan nama Masjid Tua Palopo bukan tanpa alasan, nama renta diberikan alasannya masjid ini memang usianya sudah tua, dan nama palopo merupakan nama kota dimana masjid ini berada dan arti lain dari palopo sendiri adalah Masakan yang terbuat dari campuran nasi ketan dan air gula, sedangkan arti lainnya adalah memasukkan pasak dalam lubang tiang bangunan, dan jikalau digabungkan menjadi Masjid Tua Palopo, pasti para pembaca sudah mampu menyimpulkan sendiri artinya. Wisata Religi Masjid Tua Palopo terletak di Jl. Andi Jemma, No. 88, Batupasi, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.
 Masjid Tua Palopo bukan merupakan masjid biasa akan tetapi Masjid Tua Palopo merupakan ma Wisata Religi Masjid Jami Tua Palopo

Masjid Tua Palopo di perkirakan memliki luas kurang lebih 15 meter persegi. Masjid ini berada dalam daerah istana alasannya masjid ini satu kompleks kerajaan. Masjid ini juga merupakan masjid memiliki berbagai nilai sejarah yang mengikuti keberadaannya, namun tidak sedikit juga misteri mengenai masjid renta palopo ini. Misteri tersebut berkaitan dengan orang yang menjadi arsitek dari Masjid ini, banyak yang mengatakan bahwa sempurna di bawah mimbar masjid terletak makan dari Puang Ambe Monte yang merupakan arsitek dari Sangalla Tana Toraja, yang dipercaya oleh Sultan Abdullan untuk membuat desain dan membangun masjid ini.

Menurut kisah yang berkembang di Masyarakat Palopo dikala ini, bahwa anda yang berkunjung ke Palopo dinyatakan belum sah ke kota ini ketika belum menyentuh tiang utama dari Masjid Tua Palopo yang dimana tiang tersebut terbuat dari Pohon Cinaduri. Keunikan lain dari masjid ini adalah temboknya yang terbuat dari campuran putih telur.
 Masjid Tua Palopo bukan merupakan masjid biasa akan tetapi Masjid Tua Palopo merupakan ma Wisata Religi Masjid Jami Tua Palopo

Banyak yang percaya bahwa masjid ini sangat cocok dijadikan tempat untuk berdoa,melakukan aktivitas pengajian, berzikir bersama, dan tadarrus Al-Quran. Hal itu yang membuat masjid renta palopo ini menjadi obyek wisata religi yang banyak dikunjungi oleh orang-orang pada dikala menjelang, dan pada dikala bulan ramadhan tiba. Namun jikalau anda pergi ke tempat ini pada dikala bulan ramadhan anda akan bertemu dengan kepadatan pengunjung yang ada disini. Sebaiknya untuk anda yang datang kesini hanya untuk sekedar melihat anda sebaiknya datang pada dikala diluar bulan ramadhan.
 Masjid Tua Palopo bukan merupakan masjid biasa akan tetapi Masjid Tua Palopo merupakan ma Wisata Religi Masjid Jami Tua Palopo

Untuk mampu pergi ke Masjid Tua Palopo yang merupakan salah satu obyek wisata religi di sulawesi selatan ini, anda harus melaksanakan perjalanan ke Kota Palopo yang mampu ditempuh dengan menggunakan bus, kendaraan beroda empat panter (mobil sewaan), maupun kendaraan pribadi.

Demikian Ulasan mengenai Wisata Religi Masjid Tua Palopo yang merupakan wisata religi, wisata sejarah yang memiliki kegunaan untuk membuat anda mengingat kejayaan masa-masa lampau, dan juga mampu membuat anda semakin mendekatkan diri kepada sang pencipta. Jangan lupa bagikan kisah dan pengalaman anda berkunjung ke tempat ini di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Posting Komentar

 
Top