Wisata Budaya Rumah Tradisional Banua Mbaso Palu -Banua Mbaso atau yang lebih di kenal dengan sebutan Sou Raja yang artinya rumah besar atau rumah yang digunakan raja. Rumah Tradisional Banua Mbaso ini merupakan rumah tradisional untuk masyarakat Sulawesi Tengah yang diwariskan dari keturunan-keturaunan keluarga aristokrat suku Kaili.Konon katanya rumah ini dibangun oleh Raja Palu terdahulu yang berjulukan Raja Jodjokodi pada tahun 1892. Banu Mbasa merupakan tempat tinggal atau rumah kediaman yang tidak resmi untuk manggan ataupun Raja berserta keluarganya, terutama untuk yang tinggal di tempat pantai dan Kota.Wisata Budaya Rumah Tradisional Banua Mbaso Palu terletak di Kelurahan Lere (Kampung Lere), Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia.

Jika anda berkunjung kesini anda akan melihat Rumah Tradisional Banua Mbaso yang dibangun oleh Raja Palu sekitar ratusan tahun yang lalu, sampai kini masih berdiri dengan kokoh dan juga masih terawat dengan baik. Rumah Tradisonal Banua Mbaso dan sejenisnya mampu anda temukan di beberapa tempat yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.
Wisata Budaya Rumah Tradisional Banua Mbaso Palu Wisata Budaya Rumah Tradisional Banua Mbaso Palu


Anda yang datang kesini akan mampu menyaksikan keunikan dan keartistikan Banua Mbaso yang merupakan peninggalan dari Raja Palu, anda pun mampu berfoto untuk mengabadikan momen anda jikalau berkunjung kesini.Sebaiknya jikalau anda kesini anda harus melihat seluruh ruangan yang ada di Banua Mbasa, sebab setiap bangunan yang ada di Banua Mbaso memiliki keistimewaan tersendiri.
Wisata Budaya Rumah Tradisional Banua Mbaso Palu Wisata Budaya Rumah Tradisional Banua Mbaso Palu


Untuk mampu mencapai Wisata Budaya Rumah Tradisional Banua Mbaso Palu anda harus melaksanakan perjalanan ke Kota Palu, kemudian anda harus melanjutkan perjalanan ke Kelurahan Lere (kampung lere) dengan menggunakan kendaraan umum menyerupai bus, taksi (angkot) yang lalu larang di tempat kota palu. Perjalanan akan mengahbiskan waktu sekitar 30-40 menit dengan menempuh jarak 15 Km disebelah timur kota palu.
Wisata Budaya Rumah Tradisional Banua Mbaso Palu Wisata Budaya Rumah Tradisional Banua Mbaso Palu

Untuk anda yang sudah tamat melihat keindahan dari Rumah Tradisional Banua Mbaso anda mampu makan dan bersantai di penginapan dan restoran yang ada di sekitar kota palu dan disekitar wilayah Rumah Tradisional Banua Mbaso.

Demikian Ulasan mengenai Wisata Budaya Rumah Tradisional Banua Mbaso Palu supaya membantu anda mengenal kearifan lokal dari budaya suku kaili ataupun budaya dari Kota Palu yang ada di Sulawesi Tengah ini. Jangan lupa bagikan kisah dan pengalaman anda di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Posting Komentar

 
Top